Sejarah Oriflame
Oriflame merupakan salah satu perusahaan kosmetik berbasis Direct Selling dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Terobosan luar biasa yang dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri, dan masing-masing dan setiap satu dari mereka memiliki hati dan ambisi dari seorang pengusaha. Mereka ingin menjadi bagian dari bisnis baru yang revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu didistribusikan ke rumah mereka, dan sejak hari pertama mereka memiliki jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, dan saat itu juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang.
Pembukaan cabang di negara Eropa Timur pada tahun 1990 memberikan peluang besar bagi Oriflame untuk menguasai pasar dengan kualitas produknya, harga yang terjangkau serta sistem penjualannya yang unik. Pabrik kedua di Warsawa pun didirikan pada tahun 1995 untuk memenuhi permintaan yang meningkat secara drastis.
Tahun 90-an telah menunjukkan perkembangan spektakuler dalam sejarah perusahaan – total penjualan naik hingga 500%, menjadikan Oriflame sebagai perusahaan dengan sistem penjualan langsung yang paling cepat berkembang di dunia. Tahun 1997 Oriflame Eastern Europe S.A. dan Oriflame International S.A. melebur menjadi satu untuk menggabungkan sumber daya masing-masing untuk menghadapi tantangan investasi di tahun-tahun mendatang.
Bisnis oriflame telah berkembang dengan sukses di seluruh dunia. Sekarang, perusahaan telah beroperasi di 5 benua dan lebih dari 60 negara – dari Peru hingga Vietnam, dari Russia hingga Morocco. Expansi yang agresif dimulai pada awal tahun 90-an membuat perusahaan berkembang delapan kali lipat hanya dalam sepuluh tahun.
ORIFLAME, pertama kali didirikan di Swedia oleh dua orang bersaudara Jonas dan Robert af Jochnick dan
rekan mereka, Bengt Hellsten pada tahun 1967. Mereka masih muda,
berambisi dan memiliki jiwa wirausaha, dan mereka mempunyai visi yang
kuat.
Jonas dan Robert af Jochnick |
Semuanya
berawal dari sebuah ruang kantor sederhana di pusat kota Stockholm.
Mereka ingin menciptakan perusahaan kosmetika yang menawarkan jenis
kosmetika yang berbeda dari yang telah ada pada waktu itu, salah satunya
berbahan dasar alami. Robert dan Jonas af Jochnick bermimpi ingin
memberi banyak orang kesempatan untuk memperoleh manfaat dari perawatan
kulit yang baik dan kosmetika berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh
keindahan alam Swedia. Mereka juga ingin memulai metode distribusi
produk yang baru yang inovativ, yaitu menjual produk yang dihasilkannya
langsung kepada pelanggan.
Mengetahui
bahwa wanita Swedia terkenal akan kecantikan alaminya, mereka berpikir :
“Bagaimana jika kita mengemasnya dalam botol?” Maka mereka mulai
memformulasikan produk perawatan kulit berbahan dasar alami dari
Skandinavia, seperti cloudberry, birch mark, dan lainnya. Mereka
mengembangkan formulasi yang aman dan efektif serta dengan wewangian
yang lembut. Seri perawatan kulit Oriflame Swedish Care diluncurkan
dalam waktu singkat. Saat ini, telah digunakan oleh jutaan orang di
seluruh dunia. Sejak awal, Oriflame merupakan pelopor ”tidak
diujicobakan pada hewan”, jauh sebelum industri lain melakukan hal ini.
Terobosan luar biasa yang dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri, dan masing-masing dan setiap satu dari mereka memiliki hati dan ambisi dari seorang pengusaha. Mereka ingin menjadi bagian dari bisnis baru yang revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu didistribusikan ke rumah mereka, dan sejak hari pertama mereka memiliki jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, dan saat itu juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang.
Perluasan
wilayah penjualan merupakan konsekwensi alami dari kesuksesan Oriflame
di Swedia. Hanya dalam waktu dua tahun, perusahaan berkembang ke
Finlandia, Denmark dan Norwegia, dan pada pertengahan tahun 80-an,
Oriflame telah digunakan oleh wanita di negara-negara yang sangat jauh
seperti Indonesia. Untuk memenuhi permintaan, pabrik Oriflame yang
pertama didirikan di Dublin, Irlandia pada tahun 1978. Ini membuat
perusahaan makin dapat fokus pada perkembangan formulasi perawatan
kulit, dan kosmetika yang terbukti efektif dan aman, berbahan dasar
alami.
Pembukaan cabang di negara Eropa Timur pada tahun 1990 memberikan peluang besar bagi Oriflame untuk menguasai pasar dengan kualitas produknya, harga yang terjangkau serta sistem penjualannya yang unik. Pabrik kedua di Warsawa pun didirikan pada tahun 1995 untuk memenuhi permintaan yang meningkat secara drastis.
Tahun 90-an telah menunjukkan perkembangan spektakuler dalam sejarah perusahaan – total penjualan naik hingga 500%, menjadikan Oriflame sebagai perusahaan dengan sistem penjualan langsung yang paling cepat berkembang di dunia. Tahun 1997 Oriflame Eastern Europe S.A. dan Oriflame International S.A. melebur menjadi satu untuk menggabungkan sumber daya masing-masing untuk menghadapi tantangan investasi di tahun-tahun mendatang.
Bisnis oriflame telah berkembang dengan sukses di seluruh dunia. Sekarang, perusahaan telah beroperasi di 5 benua dan lebih dari 60 negara – dari Peru hingga Vietnam, dari Russia hingga Morocco. Expansi yang agresif dimulai pada awal tahun 90-an membuat perusahaan berkembang delapan kali lipat hanya dalam sepuluh tahun.
Fakta Singkat
- Penjualan tahunan 1.5 Miliar Euro
- Sekitar 3.600.000 Consultant
- 7900 karyawan
- Sekitar 1000 jenis produk
- Co-founder World Childhood Foundation.
- Global R & D Center dengan lebih dari 100 ilmuwan
- 5 unit produksi sendiri di Swedia, Polandia, Cina, Rusia dan India
- Terdaftar di Nasdaq OMX Bursa sejak Maret 2004
- Terdaftar pada bursa saham Stockholm (Stockholm Stock Exchange)
- Produk berdasarkan bahan-bahan alami, tidak pernah diuji pada hewan
- Operasi di lebih dari 60 negara yang mana 13 diantaranya adalah franchise
Oriflame Indonesia
Oriflame
beroperasi di Indonesia sejak tahun 1986 dan berkantor pusat di Jl.
Bulungan No. 16, Jakarta. Pada saat itu Oriflame merupakan pelopor MLM
di Indonesia.
|
0 Response to "Sejarah Oriflame"
Posting Komentar